Jumat, 16 Mei 2014

paper candi prambanan

CANDI PRAMBANAN BAGIAN DARI PENINGGALAN SEJARAH DAN MERUPAKAN SARANA PENINGKATAN ILMU PENGETAHUAN

PAPER

DI AJUKAN SEBAGAI  PERSYARATAN MENGIKUTI UAMBN/UN
MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 METRO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Disusun Oleh:

NAMA            :  AFNI SEPTIYA FITRI
NISN               :  9958275732
JURUSAN      :  ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)











KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 METRO
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 110 Kampus 15A ( (0725) 45963
Kota Metro
TAHUN 2012



                              
HALAMAN  PENGESAHAN
Nomor : MA.h/pp.00.6/      /2012


Kepala  Madrasah  Aliyah  Negeri (MAN) 2 Metro  beserta  pembimbing  dalam  penyusunan  paper  ini setelah  mengadakan  perbaikan  dan  penelitian  seperlunya :
NAMA                        :  Afni Septiya Fitri
NISN                          :  9958275732
Kelas/Jurusan              :  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Hari/Tanggal               :       November  2012
Judul Paper                 :  Candi  Prambanan  Bagian  Dari  Peninggalan  Sejarah  Dan   Merupakan  Sarana  Peningkatan  Ilmu  Pengetahuan.
Kami  menerima  dan  mengesahkan  paper  tersebut,  untuk  melengkapi  dan  memenuhi  syarat  mengikuti  UAMBN/UN  pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  2  Metro Tahun Pelajaran 2012/2013.

                                                                                       Metro,



       Mengetahui                                                            Pembimbing
      Kepala MAN 2 Metro




      Drs. H. Moch Yamin, S.Pd, M.Pd. I                            Suhardi, S.Pd.M.P. Fis
               NIP. 195512101980031004                                 NIP. 197801092005011003



KATA PENGANTAR

            Puji  syukur  kehadirat  Allah SWT, atas  limpahan  rahmat  serta  hidayah-Nya  kepada  penulis,  sehingga  penyusunan  paper  ini  dapat  terselesaikan.
            Dalam  penulisan  paper  ini  tentunya  masih  banyak  kekurangan,  untuk  itu  penulis  sangat  mengharapkan  kritik  dan  saran  dari  semua  pihak  yang  bersifat  membangun  guna  menuju  kesempurnaan  paper  ini.
            Pada  kesempatan  ini  penulis  mengucapkan  terima  kasih  kepada :
1.      Bapak  Drs. H. Moch Yamin,  selaku  Kepala  Madrasah  Aliyah  Negeri (MAN) 2  Metro.
2.      Bapak  Suhardi,  selaku  pembimbing  dalam  penyusunan  paper  ini.
3.      Bapak  dan Ibu  guru  serta  pihak  yang  telah  member  motivasi  kepada  penulis.
4.      Kedua  orang  tua  beserta  keluarga  yang selalu  member  dukungan  sehingga  penulis  dapat  menyelesaikan  penulisan  paper  ini  dengan  baik.
Akhir  kata  penulis  mengucapkan  semoga  paper  ini  dapat  berguna  sebagai  pembantu  memberikan  wawasan  tentang  keadaan  candi  prambanan  yang telah  di  kunjungi  dalam  perjalanan  study tour  dan  bermanfaat  bagi  masyarakat  pada  umumnya  dan  bagi  penulis  khususnya.Amin
                                                                                Metro,                           2012      
                                                                                            Penulis



                                                                                            Afni Septiya Fitri
        NISN.9958275732                                                                                                                                
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I.   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Dan Kegiatan Penelitian
D.    Sistematika Pembahasan
BAB II.  LAPORAN HASIL PENELITIAN
A.    Keadaan Lokasi
B.     Landasan  Kegiatan Penelitian  Jenis-Jenis  Kegiatan  Penelitian
C.     Pelaksanaan  Penelitian (08-13 Juni 2012)
D.    Pembahasan 
BAB III. KESIMPULAN SARAN DAN PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
C.     Penutup
DAFTAR  PUSTAKA
DAFTAR  RIWAYAT  HIDUP

BAB I

PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang Masalah


      Objek  wisata  yang  ada  di  Indonesia,  khususnya  di  pulau  jawa  merupakan  suatu  wahana  yang  berperan  sangat  penting  untuk  menjadi  bekal  peserta  didik  yang  berguna  untuk  menambah  wawasan  dan  pengetahuan  baru  di  samping  ilmu  pengetahuan  yang  selama  ini  di  peroleh  di  bangku  sekolah.
   Objek  wisata  yang  di  observasi  oleh  siswa-siswi  merupakan  kekayaan  hayati  maupun  sebagai  peninggalan  sejarah  bangsa  Indonesia.  Salah  satu  objek  tersebut  seperti  candi  prambanan  yang  mengenalkan  kepada  generasi  muda  tentang  gambaran  dan  keanekaragaman  budaya  yang  di  miliki  oleh  negeri  kita  dan  seluruh  wilayah  Indonesia.
   Berdasarkan  kenyataan  itulah  MAN 2 Metro  membuat  program  kegiatan  study  tour  yang  di  laksanakan  setiap  akhir  tahun  pelajaran  untuk  siswa  kelas  XI  menjelang  kenaikan  kelas  XII  dengan  harapan  dapat  memberi  motivasi  belajar,  menambah  cakrawala  berfikir  bagi  siswa  dalam  rangka  membuat  paper  sebagai  persyaratan  mengikuti  Ujian  Nasional  maupun  Ujian  Madrasah,  sekaligus  sebagai  refreshing  supaya  tidak  bosan  dengan  kegiatan  yang  berada  di  dalam  lingkungan  sekolah.



B.        Rumusan  Masalah

                  Berdasarkan  latar  belakang,  penulis  dapat  merumuskan  masalah  penelitian  sebagai    berikut:
1.      Bagaimana  keadaan  lokasi  candi  prambanan ?
2.      Bagaimana  sejarah  tentang  candi  prambanan ?
3.      Nilai  apa  yang  terkandung  dalam  candi  prambanan ?
C.       Tujuan  dan  Kegunaan  Penelitian


 Adapun  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah :
1.      Untuk  mengetahui  sejarah,  peristiwa  dan  benda-benda  yang  ada  di  candi  prambanan  sebagai  sarana  peningkatan  ilmu  pengetahuan.
2.      Untuk  menambah  wawasan  dan  pengetahuan  bagi  siswa-siswi  MAN 2 Metro.
3.      Untuk  mengetahui  peranan  candi  prambanan  sebagai  tempat  bersejarah  di  Indonesia  bagi  pelajar.
D.       Sistematika  Pembahasan
           Untuk  mempermudah  penyusunan  paper  ini,  maka  penulis  akan  mencantumkan  sistematika  pembahasan.  Adapun  sistem  pembahasannya  adalah  sebagai  berikut:



BAB I        PENDAHULUAN


Dalam  bab  ini  berisi  tentang  latar  belakang  masalah, rumusan  masalah,  tujuan  dan  kegunaan  penelitian, dan  sistematika  pembahasan.
BAB II      LAPORAN  HASIL  PENELITIAN


Dalam  bab  ini  berisi  tentang  keadaan  lokasi, landasan  kegiatan  penelitian, jenis-jenis-jenis  kegiatan  penelitian, pelaksanaan  penelitian.
BAB III     KESIMPULAN  SARAN  DAN  PENUTUP

Dalam  bab  ini  berisi  tentang  kesimpulan, saran-saran  dan  penutup. Pada  bagian  akhir  dari  paper  ini  dilengkapi  dengan  lampiran-lampiran  yaitu  daftar  pustaka  dan  daftar  riwayat  hidup. 





















BAB II

LAPORAN  HASIL  PENELITIAN


A.    Keadaan  Lokasi

Candi  Prambanan  atau  yang  sering  disebut  dengan  candi  Loro  Jonggrang  terletak  di  desa  Prambanan  yang  wilayahnya  dibagi  antara  kabupaten  Sleman  dan  Klaten,  letaknya     persis  diperbatasan  propinsi  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  dan  propinsi  Jawa  Tengah, kurang  lebih  17  km  ke arah  timur  dari  kota  Yogyakarta  atau  kurang  lebih 53 km  sebelah  barat  Solo.  Komplek  Percandian  Prambanan  ini  masuk  kedalam  2  wilayah  yakni  komplek  bagian  barat  masuk  wilayah  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  dan  bagian  timur  masuk  wilayah  provinsi  Jawa  Tengah. 
Percandian  Prambanan  berdiri  disebelah  timur  Sungai  Opak  kurang  lebih  200 m  sebelah  utara  Jl. Raya  Yogya-Solo.  Gugusan  candi  ini  dinamakan  Prambanan  karena  terletak  di  daerah  Prambanan.  Nama  Loro  Jonggrang  berkaitan  dengan  legenda  yang  menceritakan  tentang  seorang  dara  yang  jonggrang  atau  gadis  jangkung  putri  Prabu  Boko.

B.     Landasan  Kegiatan  Penelitian

Berdasarkan  surat  tugas  nomor  :  MA.08.05/pp.00.6/       /2012  dan  persetujuan  bapak  Kanwil  Depag  provinsi  Lampung  serta  dalam  rangka  memantapkan  dan  meningkatkan  pelayanan  pendidik  dan  menambah  pengalaman  dan  wawasan  para  siswa/siswi  kelas  XII MAN  2  Metro.
C.    Jenis-jenis  kegiatan  penelitian

Dalam  kegiatan  ini  penulis  melihat  dan  mengamati  benda-benda  bersejarah  yang  ada  di  candi  Prambanan.  Oleh  karena  itu  Penulis  memilih  objek  candi  prambanan  untuk  mengamati  bagaimana  sejarah  candi  prambanan  dan  berbagai  peristiwa  yang  sangat  menarik  untuk  dipelajari.

D.    Pelaksanaan  penelitian

Penulis  melakukan  karya  wisata  pada  tanggal  08  juni  2012  s/d  13  juni  2012.  Penulis  memilih  candi  prambanan  sebagai  objek  penelitian  karena  menarik  untuk  diamati.  Penulis  melaksanakan  penelitian  di  candi  prambanan  pada  tanggal  11  juni  2012,  penulis  memperoleh  hasil  penelitian  seperti  sejarah  tentang  candi  prambanan,  peristiwa  kontemporer  yang  dilakukan  di  kompleks  candi  Prambanan.







E.     Pembahasan
1.      Sejarah
Candi  Prambanan  adalah  kelompok  percandian  Hindu  terbesar  di  Indonesia  yang  dibangun  pada  abad  ke-9  M.  candi  ini  dipersembahkan  untuk  Trimurti,  Tiga  Dewa  utama  Hindu  yaitu  Dewa  Siwa  sebagai  Dewa  Pemusnah,  Dewa  Brahma  sebagai  Dewa  Pencipta,  dan  Dewa  Wisnu  sebagai  Dewa  Pemelihara.  Berdasarkan  Prasati  Siwargha  nama  asli  kompleks  candi  ini  adalah  Siwargha  (bahasa  Sansekerta  yang  berarti  Rumah  Siwa),  dan  memang  di  Garbagriha  (ruang  utama)  candi  ini  bersemayam  Arca  Siwa  Mahadewa  setinggi  3  meter  yang  menunjukkan  bahwa  di  candi  ini  Dewa  Siwa  lebih  diutamakan.  Beberapa  sejarawan  lama  menduga  bahwa  pembangunan  Candi  Prambanan  ini  untuk  menandai  kembali  berkuasanya  keluarga  Sanjaya  atas  Jawa,  hal  ini  terkait  teori  wangsa  kembar  berbeda  keyakinan  yang  saling  bersaing,  yaitu  Wangsa  Sanjaya  dan  penganut  Hindu  dan  Wangsa  Sailendra  penganut  Budha.  dengan  dibangunnya  candi  ini  menandai  bahwa  Hinduisme  aliran  siwa  kembali  mendapat  dukungan  dari  keluarga  kerajaan,  setelah  sebelumnya  Wangsa  Sailendra  cenderung  lebih  mendukung  Budha  aliran  Mahayana.
  Ditemukannya  nama  Pikatan  pada  candi  utama  yaitu  pada  Prasasti  Siwargrha  ini  menimbulkan  pendapat  bahwa  candi  ini  di  bangun  oleh  Rakai  Pikatan  yang  kemudian  diselesaikan  Rakai  Balitung  maha  sambu  berdasarkan  prasasti  berangka  tahun  856 M  “Prasasti  Siwargrha”  sebagai  manifest  politik  untuk  meneguhkan  kedudukannya  sebagai  raja  yang  besar.  Dalam  prasasti  ini  juga  disebutkan  bahwa  saat  pembangunan  Candi  Siwargha  tengah  berlangsung,  dilakukan  juga  pekerjaan  umum  perubahan  tata  air  untuk  memindahkan  aliran  sungai  di  dekat  candi  ini,  sungai  yang  dimaksud  adalah  Sungai  Opak  yang  mengalir  dari  Utara  ke  Selatan  sepanjang  sisi  Barat  kompleks  Candi  Prambanan.  Sejarawan  menduga  bahwa  sesungguhnya  aliran  sungai  ini  berbelok  melengkung  ke  arah  Timur,  dan  dianggap  terlalu  dekat  dengan  candi  sehingga  erosi  sungai  dapat  membahayakan  konstruksi  candi.  proyek  tata  air  ini  dilakukan  dengan  membuat  sodetan  sungai  baru  yang  memotong  lengkung  sungai  dengan  poros  Utara-Selatan  sepanjang  dinding  Barat  di  luar  kompleks  candi.  bekas  aliran  sungai  asli  kemudian  ditimbun  untuk  memberikan  lahan  yang  lebih  luas  bagi  pembangunan  deretan  Candi  Perwara  (Candi  Pengawal  atau  Candi  Pendamping).
Beberapa  Arkeolog  berpendapat  bahwa  Arca  Siwa  di  Garbagriha  dalam  Candi  Siwa  sebagai  candi  utama  merupakan  arca  perwujudan  Raja  Balitung  sebagai  arca  pedharmaan  anumerta  beliau.  Kompleks  bangunan  ini  secara  berkala  terus  disempurnakan  oleh  raja-raja  Medang  Mataram  berikutnya,  seperti  Raja  Daksa  dan  Tulodong,  dan  diperluas  dengan  membangun  ratusan  candi  tambahan  di  sekitar  candi  utama.  Karena  kemegahan  candi  ini,  candi  prambanan  berfungsi  sebagai  candi  agung  Kerajaan  Mataram,  tempat  digelarnya  berbagai  upacara  penting  kerajaan.  Pada  masa  puncak  kejayaannya,  sejarawan  menduga  bahwa  ratusan  Pendeta  Brahmana  dan  murid-muridnya  berkumpul  dan  menghuni  pelataran  luar  candi  ini  untuk  mempelajari  Kitab  Weda  dan  melaksanakan  berbagai  ritual  dan  upacara  Hindu,  sementara  pusat  kerajaan  atau  keraton  Kerajaan  Mataram  diduga  terletak  di  suatu  tempat  di  dekat  prambanan  di  Dataran  Kewu.

2.      Ditelantarkan  dan  penemuan  kembali

Sekitar  tahun  930-an,  Ibukota  kerajaan  berpindah  ke  Jawa  Timur  oleh  Mpu  Sendok  yang  mendirikan  Wangsa  Isyana.  Penyebab  berpindahnya  pusat  kekuasaan  ini  tidak  diketahui  secara  pasti,  akan  tetapi  sangat  mungkin  disebabkan  oleh  letusan  hebat  Gunung  Merapi  yang  menjulang  sekitar  20  km  di  Utara  candi  prambanan.  Kemungkinan  penyebab  lainnya  adalah  peperangan  dan  perebutan  kekuasaan.  Setelah  perpindahan  ibukota,  candi  prambanan  mulai  terlantar  dan  tidak  terawatt,  sehingga  pelan-pelan  candi  ini  mulai  rusak  dan  runtuh.  Bangunan  candi  ini  diduga  benar-benar  runtuh  akibat  Gempa  Bumi  hebat  pada  abad  ke-16,  meskipun  tidak  lagi  menjadi  pusat  keagamaan  dan  ibadah  umat  hindu,  candi  ini  masih  dikenali  dan  diketahui  keberadaannya  oleh  warga  Jawa  yang  menghuni  desa  sekitar.  Setelah  perpecahan  Kesultanan  Mataram  pada  tahun  1755,  reruntuhan  candi  dan  Sungai  Opak  di  dekatnya  menjadi  tanda  pembatas  antara  wilayah  Kesultanan  Yogyakarta  dan  Kesunanan  Surakarta  (Solo).
Penduduk  lokal  warga  Jawa  sudah  mengetahui  keberadaan  candi  ini.  Akan  tetapi  mereka  tidak  tahu  latar  belakang  sejarah  sesungguhnya,  siapakah  raja  dan  kerajaan  apa  yang  telah  membangun  candi  ini.  Pada  tahun  1733,  candi  ini  ditemukan  oleh  Ca.  Lons  seorang  berkebangsaan  Belanda.  Candi  ini  menarik  perhatian  dunia  ketika  pada  masa  pendudukan  Britania  atas  Jawa.  Ketika  itu  Colin  Mackenzie,  seorang  surveyor  bawahan  Sir  Thomas  Stamford  Raffles,  menemukan  candi  ini.  Meskipun  Sir  Thomas  kemudian  memerintahkan  penyelidikan  lebih  lanjut,  reruntuhan  candi  ini  tetap  terlantar  hingga  berpuluh-puluh  tahun.  Penggalian  tak  serius  dilakukan  sepanjang  1880-an  yang  menyuburkan  praktek  penjarahan  ukiran  dan  batu  candi.  kemudian  pada  tahun  1855  Jam  Willem  Ijzerman  mulai  membersihkan  dan  memindahkan  beberapa  batu  dan  tanah  dari  bilik  candi.  beberapa  saat  kemudian  Isaac  Groneman  melakukan  pembongkaran  besar-besaran  dan  batu-batu  candi  tersebut  ditumpuk  secara  sembarangan  di  sepanjang  Sungai  Opak.  Arca-arca  dan  relief  candi  diambil  oleh  warga  belanda  dan  dijadikan  hiasan  taman,  sementara  warga  pribumi  menggunakan  batu  candi  untuk  bahan  bangunan  dan  pondasi  rumah.


  
3.      Pemugaran

Pemugaran  dimulai  pada  tahun  1918,  akan  tetapi  upaya  serius  yang  sesungguhnya  dimulai  pada  tahun  1930-an.  Pada  tahun  1902-1903,  Theodoor  Van  Erp  memelihara  bagian  yang  rawan  runtuh.  Pada  tahun  1918-1926,  dilanjutkan  oleh  Jawatan  Purbakala  (Oudheidkundige  Dienst)  di  bawah  P.J.  Perquin  dengan  cara  yang  lebih  sistematis  sesuai  kaidah  arkeologi.  Sebagaimana  diketahui  para  pendahulunya  melakukan  pemindahan  dan  pembongkaran  beribu-ribu  batu  secara  sembarangan  tanpa  memikirkan  adanya  usaha  pemugaran  kembali.  Pada  tahun  1926  dilanjutkan  De  Han  hingga  akhir  hayatnya  pada  tahun  1930.  Pada  tahun  1931  digantikan  oleh  Ir.  V. R.  Van  Romondt  hingga  pada  tahun  1942  dan  kemudian  diserahkan  kepemimpinan  renovasi  itu  kepada  Putra  Indonesia  dan  itu  berlanjut  hingga  tahun  1993.
Pada  tanggal  20  Desember  1953  pemugaran  candi  induk  secara  resmi  dinyatakan  selesai  oleh  Dr. Ir. Soekarno  sebagai  Presiden  Indonesia  Pertama.  Kemudian  dilanjutkan  dengan  pemugaran  Candi  Brahma  Dan  Candi  Wisnu.  Candi  Brahma  dipugar  mulai  tahun  1977  dan  selesai  serta  diresmikan  pada  tanggal  23  Maret  1987, sedangkan  Candi  Wisnu  mulai  dipugar  pada  tahun  1982,  selesai  dan  diresmikan  oleh  Bapak  Presiden  Soeharto  pada  tanggal  27  April  1991.  Kini,  beberapa  bagian  candi  prambanan  tengah  direnovasi  untuk  memperbaiki  kerusakan  akibat  gempa  Yogyakarta  2006  lalu,  gempa  ini  telah  merusak  sejumlah  bangunan  dan  patung.

4.      Deskripsi  bangunan

Kompleks  percandian  prambanan  terdiri  atas  tiga  zona,  yaitu  zona  bawah,  zona  tengah,  dan  zona  atas  yang  semakin  ke  arah  dalam  maka  semakin  tinggi  letaknya.  Berturut-turut  luasnya  390  m2,  222  m2,  dan  110  m2.  Zona  bawah  tidak  berisi  apapun,  zona  tengah  terdapat  reruntuhan  candi-candi  perwara,  apabila  semua  candi  perwara  direnovasi  maka  akan  ada  224  buah  candi  yang  ukurannya  sama  yaitu  luas  dasar  6  m2,  dan  tingginya  14  m.  zona  atas  adalah  zona  terpenting  yang  diatasnya  berdiri  16  candi  besar  dan  kecil.  Pintu  masuk  ke  kompleks  bangunan  ini  terdapat  di  keempat  arah  penjuru  mata  angin,  akan  tetapi  arah  hadap  bangunan  ini  adalah  ke  arah  Timur,  maka  pintu  masuk  utama  candi  ini  adalah  gerbang  Timur.  Kompleks  candi  prambanan  terdiri  dari:
a.       3  Candi  Trimurti :  Candi  Siwa,  Candi  Wisnu,  Dan  Candi  Brahma.
b.      3  Candi  Wahana :  Candi  Nandi,  Candi  Garuda,  Dan  Candi  Angsa.
c.       2  Candi  Apit :  terletak  antara  barisan  candi-candi  Trimurti  dan  candi-candi  Wahana  di  sisi  Utara  dan  Selatan.
d.      4  Candi  Kelir :  terletak  di  empat  penjuru  mata  angin  tepat  di  balik  pintu  masuk  halaman  dalam  atau  zona  inti.
e.       4  Candi  Patok :  terletak  di  empat  sudut  halaman  dalam  atau  zona  inti.
f.       224  Candi  Perwara :  tersusun  dalam  empat  barisan  konsentris  dengan  jumlah  candi  dari  barisan  terdalam  hingga  terluar :  44,  52,  60,  68.
Aslinya  terdapat  240  candi  besar  dan  kecil  di  kompleks  Candi  Prambanan.  Tetapi kini  hanya  tersisa  18  candi,  yaitu  8  Candi  Utama,  8  candi  kecil  di  zona  inti,  dan  2  Candi  Perwara.  Banyak  Candi  Perwara  yang  belum  dipugar,  dari  224  Candi  Perwara  hanya  2  yang  telah  dipugar,  dan  yang  tersisa  hanya  tumpukan  batu  yang  berserakan.  Penampang  denah  Candi  Prambanan  adalah  berdasarkan  lahan  bujur  sangkar  yang  terdiri  atas  tiga  bagian  atau  zona,  masing-masing  halaman  zona  ini  dibatasi  tembok  Batu  Andesit.  Zona  terluar  ditandai  dengan  pagar  Bujur  Sangkar  yang  masing-masing  sisinya  sepanjang  390  m,  dengan  orientasi  Timur  Laut-Barat  Daya.  Kecuali  gerbang  Selatan  yang  masih  tersisa,  bagian  gerbang  lain  dan  dinding  candi  ini  sudah  banyak  yang  hilang.  Fungsi  dari  halaman  luar  ini  secara  pasti  belum  diketahui,  kemungkinan  adalah  lahan  taman  suci  atau  kompleks  asrama  brahmana  dan  murid-muridnya.  Mungkin  dulu  bangunan  yang  berdiri  di  halaman  luar  ini  terbuat  dari  bahan  kayu,  sehingga  sudah  lapuk  dan  musnah  tak  tersisa.

5.      Kompleks  candi

1)      Candi  Siwa

Candi  dengan  luas  dasar  34  m2,  dan  tinggi  47  m  ini  adalah  candi  yang  terbesar  dan  terpenting.  Dinamakan  Candi  Siwa  karena  adanya  Arca  Siwa  Mahadewa  yang  merupakan  arca  terbesar.  Bangunan  ini  dibagi  atas  tiga  bagian  secara  vertical,  yaitu  kaki,  tubuh,  dan  kepala/atap.  Kaki  candi  menggambarkan  “Dunia  Bawah”  tempat  manusia  yang  masih  diliputi  hawa  nafsu,  tubuh  candi  menggambarkan  “Dunia  Tengah”  tempat  manusia  yang  telah  meninggalkan  keduniawian,  dan  atap  menggambarkan  “Dunia  Atas”  yaitu  tempat  para  dewa.  Gambar  kosmos  Nampak  pula  dengan  adanya  arca  dewa  dan  makhluk-makhluk  lainnya  yang  menggambarkan  Gunung  Mahameru.  Candi  Prambanan  merupakan  replika  gunung  itu  terbukti  dengan  adanya  arca-arca  Dewa  Lokapala  yang  terpahat  pada  kaki  Candi  Siwa.  Puncak  mastaka  atau  kemuncak  candi  ini  dimahkotai  modifikasi  bentuk  Wajra  yang  melambangkan  intan  atau  halilintar.  Bentuk  wajra  ini  merupakan  versi  Hindu  sandingan  dari  stupa  yang  ditemukan  pada  kemuncak  Candi  Budha.  Candi  Siwa  dikelilingi  lorong  galeri  yang  dihiasi  relief  yang  menceritakan  kisah  Ramayana,  terukir  di  dinding  dalam  pada  pagar  langkan.  Di  atas  pagar  langkan  ini  dipagari  jajaran  kemuncak  yang  juga  berbentuk  Wajra.  Untuk  mengikuti  kisah  secara  urutannya,  pengunjung  harus  masuk  dari  sisi  timur,  lalu  melakukan  Pradakshina  yaitu  berputar  mengelilingi  candi  sesuai  arah  jarum  jam.  Kisah  Ramayana  ini  dilanjutkan  ke  Candi  Brahma.
Candi  Siwa  di  tengah-tengah,  memuat  lima  ruangan,  satu  ruangan  disetiap  arah  mata  angin  dan  satu  garbagriha.  Ruangan  timur  terhubung  dengan  ruangan  utama  tempat  bersemayam  sebuah  arca  siwa  mahadewa  setinggi  3 m.  arca  ini  memiliki  Lakcana  (atribut  atau  simbol)  siwa,  yaitu  Chandrakapala  (tengkorak  di  atas  bulan  sabit),  Jatamakuta  (mahkota  keagungan),  dan  Trinetra  (mata  ketiga)  di  dahinya.  Arca  ini  memiliki  4  lengan  yang  memegang  atribut  siwa,  seperti  Aksamala  (tasbih),  Camara  (rambut  ekor  kuda  pengusir  lalat),  dan  Trisula.  Arca  ini  mengenakan  Upawita  (tali  kasta)  berbentuk  ular  naga.  Siwa  digambarkan  menggunakan  cawat  dari  kulit  harimau,  digambarkan  dengan  ukiran  kepala,  cakar,  dan  ekor  harimau  di pahanya.  Sebagian  sejarawan  beranggapan  bahwa  arca  siwa  ini  merupakan  perwujudan  dari  raja  balitung  sehingga  setelah  raja  ini  wafat,  arwahnya  dianggap  bersatu  kembali  dengan  dewa  penitisnya  yaitu  siwa.  Arca  siwa  ini  berdiri  di  atas  lapik  Bunga  Padma  di  atas  landasan  persegi  berbentuk  Yoni  yang  pada  sisi  utaranya  terukir  Ular  Naga.  Tiga  ruang  yang  lebih  kecil  lainnya  menyimpan  arca-arca  yang  ukurannya  lebih  kecil  yang  berkaitan  dengan  siwa.  Di  dalam  ruang  selatan  terdapat  Resi  Agastya,  Arca  Ganesha  putra  siwa  di  ruang  barat,  dan  di  ruang  utara  terdapat  arca  sakti  atau  istri  siwa,  Durga  Mahisasuramardini,  yang  menggambarkan  sebagai  durga  pembasmi  Mahisasura,  Raksasa  Lembu  yang  menyerang  Swargaloka.
2)      Candi  Brahma

Luas  dasar  candi  ini  20  m2,  dan  tingginya  37 m.  di  dalam  satu-satunya  ruangan  yang  ada,  berdiri  Arca  Brahma  berkepala 4  dan  berlengan  4.  Arca  ini  sebenarnya  sangat  indah  tetapi  sudah  rusak.  Salah  satu  tangannya  memegang  tasbih  dan  yang  satunya  memegang  Kamandalu.  Kekempat  wajahnya  menggambarkan  keempat  kitab  suci  Weda  masing-masing  menghadap  keempat  arah  mata  angin.  Keempat  lengannya  menggambarkan  keempat  arah  mata  angin.  Sebagai  pencipta,  ia  membawa  air  karena  seluruh  alam  keluar  dari  air.  Tasbih  menggambarkan  waktu.  Dasar  kaki  candi  juga  dikelilingi  selasar  yang  dibatasi  Pagar  Langkan  dimana  pada  dinding  langkan  sebelah  dalah  terpahat  relief  lanjutan  cerita  Ramayana  dan  relief  serupa  pada  Candi  Siwa  hingga  tamat.
3)      Candi  Wisnu

Bentuknya,  ukuran,  dan  hiasan  dinding  luarnya  sama  dengan  Candi  Brahma.  Di  dalam  satu-satunya  ruangan  yang  ada  berdiri  Arca  Wisnu  bertangan  4  memegang  Gada,  Cakra,  Tiram.  Pada  dinding  langkan  sebelah  dalam  terpahat  relief  cerita  Kresna “Avatara”  atau  penjelmaan  Wisnu  dan  Balarama (Baladewa)  kakaknya.
4)      Candi  Nandi

Luas  dasarnya  15  m2,  dan  tingginya  25 m.  di  dlam  stau-satunya  ruangan,  ada  arca  seekor  lembu  jantan  dalam  sikap  merdeka  dengan  panjang  +2 m.  di  sudut  belakngnya  disebelah  kiri  dan  kanannya  terdapat  arca  Dewa  Candra  (Dewa  Bulan)  dan  Dewa  Surya  (Dewa  Matahari).  Candra  yang  bermata  tiga  berdiri  di  atas  kereta  yang  ditarik  oleh  10  ekor  kuda.  Surya  berdiri  di  atas  kereta  yang  ditarik  oleh  7  ekor  kuda.  Dan  candi  ini  sudah  runtuh.
5)      Candi  Angsa

Candi  ini  mempunyai  satu  ruangan  yang  tidak  berisi  apapun.  Luas  dasarnya  13  m2,  dan  tingginya  22 m.  mungkin  ruangan  ini  hanya  dipakai  untuk  kandang  angsa  hewan  yang  biasa  dikendarai  oleh  Brahma.
6)      Candi  Garuda

Bentuk,  ukuran,  serta  hiasan  dindingnya  sama  dengan  Candi  Angsa.  Di  dalam  satu-satunya  ruangan  yang  ada  terdapat  area  kecil  yang  berwujud  seekor  Garuda  di  atas  seekor  naga.  Garuda  adalah  kendaraan  Dewa  Wisnu.
7)  Candi  Apit


Luas  dasarnya  6  m2,  dan  tingginya  16 m.  ruangannya  kosong,  mungkin  candi  ini  digunakan  untuk  bersemedi  sebelum  memasuki  candi-candi  induk.  Karena  keindahannya  ia  mungkin  digunakan  untuk  menanamkan  estetika  dalam  kompleks  percandian  prambanan.

8)      Candi  Kelir

Luas  daerahnya  1,55  m2,  dan  tingginya  4,10  m.  candi  ini  tidak  mempunyai  tangga  masuk,  fungsinya  sebagai  penolak  bala.
9)      Candi  Sudut

Ukuran  candi-candi  ini  sama  dengan  Candi  Kelir.
10)  Candi  Perwara

Dua  dinding  berdenah  bujur  sangkar  yang  mengurung  dua  halaman  dalam,  tersusun  dengan  orientasi  sesuai  empat  penjuru  mata  angin.  Dinding  kedua  berukuran  panjang  225  m  di  tiap  sisinya.  Di  antara  dua  dinding  ini  adalah  halaman  kedua  atau  zona  kedua.  Zona  kedua  terdiri  atas  224  candi  perwara  yang  disusun  dalam  empat  baris  konsentris.  Candi-candi  ini  dibangun  di  atas  empat  undakan  teras-teras  yang  semakin  ke  tengah  sedikit  semakin  tinggi.  Empat  baris  candi-candi  ini  berukuran  lebih  kecil  daripada  candi  utama.  candi  perwara  disusun  dalam  empat  baris  konsentris,  baris  terdalam  terdiri  atas  44  candi,  baris  kedua  52  candi,  baris  ketiga  60  candi,  dan  baris  keempat  sekaligus  baris  terluar  terdiri  atas  68  candi.  masing-masing  Candi  Perwara  ini  berukuran  tinggi  14 m  dengan  tapak  denah  6 x 6  m.  kesemua  Candi  Perwara  ini  mempunyai  satu  tangga  dan  pintu  masuk  sesuai  arah  hadap  utamanya,  kecuali  16  candi  di  sudut  yang  memiliki  dua  tangga  dan  pintu  masuk  menghadap  ke  dua  arah luar.  Jika  kebanyakan  atap  candi  di  halaman  dalam  zona  inti  berbentuk  wajra,  maka  atap  Candi  Perwara  berbentuk  ratna  yang  melambangkan  permata.  Sesungguhnya  ada  banyak  candi  yang  ada  di  halaman  ini,  akan  tetapi  hanya  sedikit  yang  telah  dipugar.  Bentuk  Candi  Perwara  ini  dirancang  seragam.  Sejarawan  menduga  bahwa  candi  ini  dibiayai  dan  dibangun  oleh  penguasa  daerah  sebagai  tanda  bakti  dan  persembahan  bagi  Raja.  Sementara  ada  pendapat  yang  mengaitkan  empat  baris  Candi  Perwara  melambangkan  empat  Kasta,  dan  hanya  orang-orang  anggota  kasta  itu  yang  boleh  memasuki  dan  beribadah  di  dalamnya.  Baris  paling  dalam  hanya  boleh  dimasuki  Kasta  Brahmana,  berikutnya  hingga  baris  terluar  adalah  barisan  candi  untuk  Ksatria,  Waisya,  dan  Sudra.  Sementara  pihak  lain  menganggap  tidak  ada  kaitannya  antara  candi  perwara  dan  empat  kasta.  Barisan  Candi  Perwara  mungkin  dipakai  untuk  beribadah  atau  tempat  bertapa  bagi  Pendeta  dan  umatnya.
6.      Museum  Prambanan

Di  dalam  kompleks  taman  purbakala  Candi  Prambanan  terdapat  sebuah  museum  yang  menyimpan  berbagai  temuan  benda  bersejarah  Purbakala.  Museum  ini  terletak  di  sisi  Utara  Candi  Prambanan,  antara  Candi  Prambanan  dan  Candi  Lumbung.  Museum  ini  dibangun  dalam  arsitektur  tradisional  Jawa,  berupa  Rumah  Joglo.  Koleksi  yang  tersimpan  di  museum  ini  adalah  berbagai  batu-batu  candi  dan  berbagai  arca  yang  ditemukan  di  sekitar  lokasi  Candi  Prambanan,  misalnya  arca  Lembu  Nandi,  Resi  Agastya,  arca  Durga  Mahisasuramardini,  termasuk  pula  batu  Lingga  Siwa  sebagai  lambang  kesuburan.  Replika  harta  karun  emas  temuan  Wonoboyo,  berupa  mangkuk  berukir  Ramayana,  Gayung,  Tas,  Uang,  dan  perhiasan  Emas,  juga  dipamerkan  di  museum  ini.  Temuan  Wonoboyo  yang  asli  kini  disimpan  di  Museum  Nasional  Indonesia  di  Jakarta.  Replika  model  arsitektur  beberapa  candi  seperti  Candi  Prambanan  sendiri,  Candi  Borobudur,  Candi  Plaosan  juga  dipamerkan  di  museum  ini.  Museum  ini  dapat  dimasuki  secara  gratis  oleh  pengunjung  taman  purbakala  prambanan  karena  tiket  masuk  taman  wisata  sudah  termasuk  museum  ini.  Pertunjukan  audio  visual  mengenai  Candi  Prambanan  juga  ditampilkan  di  sini.

7.      Peristiwa  Kontemporer
Pada  awal  tahun  1990-an  pemerintah  memindahkan  pasar  dan  kampung  yang  merebak  secara  liar  di  sekitar  candi,  menggusur  kawasan  perkampungan  dan  sawah  di  sekitar  candi,  dan  memugarnya  menjadi  taman  purbakala.  Taman  purbakala  ini  meliputi  wilayah  yang  luas  di  tepi  jalan  raya  Yogyakarta-Solo  di  sisi  selatannya,  meliputi  seluruh  kompleks  Candi  Prambanan  termasuk  Candi  Lumbung,  Candi  Bubrah,  dan  Candi  Sewu  di  sebelah  utaranya.  Pada  tahun  1992  pemerintah  Indonesia  perusahaan  milik  Negara,  persero  PT  Taman  Wisata  Candi  Borobudur,  Candi  Prambanan,  dan  Ratu  Baka  bertugas  mengelola  taman  wisata  purbakala  di  Candi  Borobudur,  Prambanan,  dan  Ratu  Baka,  serta  kawasan  sekitarnya.  Candi  Prambanan  adalah  salah  satu  daya  tarik  wisata  terkenal  di  Indonesia  yang  banyak  dikunjungi  Wisatawan  dalam  negeri  maupun  Wisatawan  Mancanegara.  Tepat  di  beberapa  Sungai  Opak  dibangun  kompleks  panggung  dan  gedung  pertunjukan  Trimurti  yang  secara  rutin  menggelar  pertunjukan  sendratari  Ramayana.  Panggung  terbuka  Trimurti  tepat  terletak  di  seberang  candi  di  tepi  barat  Sungai  Opak  dengan  latar  belakang  Candi  Prambanan  yang  disoroti  lampu.  Panggung  terbuka  ini  hanya  digunakan  pada  musim  kemarau,  sedangkan  pada  musim  hujan,  pertunjukan  dipindahkan  di  panggung  tertutup.  Tari  Jawa  wayang  orang  Ramayana  ini  adalah  tradisi  Adiluhung  Keraton  Jawa  yang  telah  berusia  ratusan  tahun,  biasanya  dipertunjukkan  di  keraton  dan  mulai  dipertunjukkan  di  prambanan  pada  saat  bulan  purnama  sejak  tahun  1960-an.  Sejak  saat  itu  prambanan  telah  menjadi  daya  tarik  wisata  budaya  dan  purbakala  utama  di  Indonesia.
Setelah  pemugaran  besar-besaran  tahun  1990-an,  prambanan  juga  kembali  menjadi  pusat  ibadah  agama  Hindu  di  Jawa.  Kebangkitan  kembali  nilai  keagamaan  prambanan  adalah  karena  terdapat  cukup  banyak  masyarakat  penganut  Hindu,  baik  pendatang  dari  Bali  atau  warga  Jawa  yang  kembali  menganut  Hindu  yang  bermukim  di  Yogyakarta,  Klaten,  dan  sekitarnya.  Setiap  tahun  warga  Hindu  dari  provinsi  Jawa  Tengah  dan  Yogyakarta  berkumpul  di  Candi  Prambanan  untuk  menggelar  upacara  pada  hari  suci  Galungan,  Tawur  Kesanga,  dan  Nyepi.  Pada  27  Mei  2006  gempa  bumi  dengan  kekuatan  5,9  skala  ritcher  (sementara  United  States  Geological  Survey)  melaporkan  kekuatan  gempa  6,2  skala  ritcher  menghantam  Bantul  dan  sekitarnya.  Gempa  ini  menyebabkan  kerusakan  hebat  terhadap  banyak  bangunan  dan  kematian  pada  penduduk  sekitar.  Gempa  ini  berpusat  pada  patahan  tektonik  opak  yang  patahannya  sesuai  arah  lembah  sungai  opak  dekat  Prambanan.  Salah  satu  bangunan  yang  rusak  parah  adalah  kompleks  Candi  Prambanan,  khususnya  Candi  Brahma.  Foto  awal  menunjukkan  bahwa  meskipun  kompleks  bangunan  tetap  utuh,  kerusakan  itu  cukup  signifikan.  Pecahan  batu  besar,  termasuk  panil-panil  ukiran,  dan  Kemuncak  Wajra  berjatuhan  dan  berserakan  di  atas  tanah.  Candi-candi  ini  sempat  ditutup  dari  kunjungan  wisatawan  hingga  kerusakan  dan  bahaya  reruntuhan  dapat  diperhitungkan.  Balai  Arkeologi  Yogyakarta  menyatakan  bahwa  diperlukan  waktu  berbulan-bulan  untuk  mengetahui  sejauh  mana  kerusakan  yang  diakibatkan  gempa  itu.  Beberapa  minggu  kemudian,  situs  ini  kembali  dibuka  untuk  kunjungan  wisata.  Pada  tahun  2008,  tercatat  sejumlah  856.029  Wisatawan  Indonesia  dan  114.951  Wisatawan  Mancanegara  mengunjungi  Prambanan.  Pada  06  Januari  2009,  pemugaran  Candi  Nandi  selesai.  Pada  tahun  ini  juga  ruang  dalam  candi  utama  tertutup  dari  kunjungan  Wisatawan  atas  alasan  keamanan.

8.      Relief
·         Ramayana  dan  khrisnayana
Candi  ini dihiasi  relief  naratif yang menceritakan epos Hindu  Ramayana  dan  khrishnayana. Relief  berkisah  ini  diukirkan  pada dinding  sebelah  dalam  pagar  langkan  sepanjang lorong  galeri  yang  mengelilingi  tiga candi utama. Relief ini dibaca dari kanan ke kiri dengan gerakan searah jarum jam mengitari candi. Kisah Ramayana bermula di sisi timur candi  Siwa  dan dilanjutkan ke candi Brahma temple. Pada pagar langkan candi Wisnu terdapat relief naratif Krishnayana  yang  menceritakan  kehidupan  Krishna  sebagai  salah  satu  awatara  Wishnu.  Relief Ramayana menggambarkan bagaimana  Sinta  istri Rama  diculik oleh  Rahwana.  Panglima  bangsa  Wanara (kera),  hanuman, datang  ke  Alengka  untuk  membantu  Rama mencari  Shinta.  

·         Lokapala,  brahmana,  dan  dewata

Di  seberang  panel  naratif  relief,  di atas tembok  tubuh  candi di sepanjang galeri dihiasi arca-arca dan  relief  yang  menggambarkan  para  dewata  dan resi  brahmana. Arca dewa-dewa  lokapala, dewa surgawi  penjaga  penjuru  mata  angin  dapat ditemukan di candi Siwa. Sementara  arca  para brahmana penyusun  kitab  weda  terdapat  di  candi Brahma. 
Di  candi Wishnu terdapat arca  dewata  yang diapit  oleh  dua  aspara  atau  bidadari  kahyangan.
·         Panil  prambanan :  singa  dan  kalpataru
 
Di  dinding luar sebelah bawah  candi dihiasi  oleh barisan  relung  (ceruk)  yang  menyimpan arca singa  diapit  oleh  dua  panil  yang  menggambarkan  pohon  hayat  kalpataru.  Pohon  suci  ini dalam mitologi Hindu-Buddha dianggap pohon yang dapat memenuhi harapan dan kebutuhan manusia. Di  kaki  pohon  Kalpataru  ini  diapit  oleh  pasangan kinnara-kinnari  (hewan  ajaib bertubuh burung berkepala manusia),  atau  pasangan  hewan  lainnya,  seperti  burung,  kijang,  domba,  monyet,  kuda,  gajah,  dan lain-lain.  Pola  singa  diapit kalpataru  adalah  pola  khas  yang hanya  ditemukan  di  Prambanan,  karena  itulah  disebut  "Panil Prambanan".
·         Candi  lain  di  sekitar  prambanan
Dataran  kewu  atau  dataran Prambanan adalah dataran  subur  yang  membentang  antara lereng selatan  kaki gunung  merapi  di  utara  dan  jajaran  pegunungan  kapur  Sewu  di  selatan,  dekat  perbatasan  Yogyakarta  dan klaten ,  Jawa Tengah. Selain  candi Prambanan,  lembah  dan dataran  di  sekitar Prambanan  kaya akan peninggalan  arkeologi  candi-candi  Buddha paling  awal dalam  sejarah  Indonesia,  serta  candi-candi  Hindu.  Candi Prambanan  dikelilingi  candi-candi Buddha.  Masih  di dalam kompleks taman wisata purbakala, tak jauh di sebelah  utara candi Prambanan  terdapat  reruntuhan  candi  lumbung   dan candi  bubrah.  Lebih  ke  utara  lagi  terdapat candi  sewu,  candi Buddha  terbesar  kedua  setelah  Borobudur.  Lebih  jauh  ke   timur  terdapat candi  plaosan.  Di  arah  barat Prambanan  terdapat  candi  kalasan   dan   candi  sari.  Sementara  di arah  selatan  terdapat  candi  sojiwon  dan  candi  ratu  baka   yang  terletak  di  atas  perbukitan,  serta candi  banyunibo,  candi  barong,   dan  candi  ijo. Dengan  ditemukannya  begitu  banyak  peninggalan bersejarah  berupa  candi-candi  yang hanya berjarak beberapa ratus meter satu sama lain, menunjukkan  bahwa  kawasan  di  sekitar  Prambanan  pada  zaman  dahulu  kala  adalah  kawasan penting.  Kawasan  yang  memiliki  nilai  penting  baik  dalam  hal  keagamaan,  politik,  ekonomi,  dan  kebudayaan. Kekayaan situs  arkeologi,  serta  kecanggihan  dan  keindahan  candi-candinya menjadikan  dataran  prambanan   tak  kalah  dengan  kawasan  bersejarah  terkenal lainnya  di  Asia Tenggara,  seperti  situs  arkeologi  kota  purbakala  Angkor,  bagan,  dan  Ayutthaya.


BAB  III
KESIMPULAN,  SARAN,  PENUTUP
A.     KESIMPULAN
               Dari  pembahasan  dan  uraian  tentang  candi  prambanan  di  atas,  maka  penulis  dapat  menarik  kesimpulan  sebagai  berikut :
1.      Manfaat  candi  Prambanan  bagi  pelajar   untuk  mengenal  lebih  luas  dan  mendalam  tentang  sejarah  candi  Prambanan,  benda-benda  bersejarah  yang  ada  di  dalam  candi  Prambanan,  serta  memberi  motivasi  bagi  pelajar  supaya  lebih  peduli  dengan  peninggalan  yang  sangat  bersejarah,  serta  menjaganya  agar  tidak  dirusak  oleh  tangan  jail  manusia.
2.      Candi  Prambanan  merupakan  peninggalan  pada  zaman  dahulu  baik  sebagai  tempat  suci  atau  tempat  beribadah  bagi  umat  Hindu  dan  tempat  dilaksanakannya  upacara-upacara  penting  bagi  kerajaan  zaman  dahulu  dan  agama  Hindu.  Kini,  candi  Prambanan  berperan  sangat  penting  sebagai  sarana  ilmu  pengetahuan  terutama  dalam  bidang  pendidikan  di  kalangan  pelajar.
3.      Candi  Prambanan  juga  merupakan  salah  satu  peranan  dalam  melestarikan  kebudayaan  bangsa.
Demikian  kesimpulan  yang  dapat  penulis  simpulkan  dari  data-data  di  atas  yang  ada  dalam  observasi  di  candi  Prambanan.

B.     Saran
              Sesuai  dengan  hasil  penelitian  dan  kesimpulan  yang  diperoleh,  maka  dalam  hal  ini  penulis  memberikan  saran  sebagai  berikut :
1.      Kepada  kepala  sekolah  MAN  2  Metro  yang  telah  mengadakan  kegiatan  karya  wisata,  kami  berharap  kegiatan  ini  dapat  selalu  dilaksanakan  setiap  tahunnya,  karena  sangat  penting  bagi  pengembangan  wawasan  siswa/siswi.
2.      Bagi  pelajar  khususnya  dan  bagi  masyarakat  umumnya,  dengan  adanya  candi  prambanan  atau  peninggalan  bersejarah  lainnya,  agar  dijaga  kelestariannya  serta  adanya  perkembangan  dalam  melengkapi  fasilitas  yang  belum  terpenuhi  dalam  kompleks  candi  Prambanan.
3.      Pemerintah  diharapkan  dapat  memberi  bantuan  modal  maupun  motivasi  untuk  meningkatkan  kesempurnaan  dalam  pemugaran  candi  Prambanan  maupun  dalam  pembangunan  fasilitas  lain  yang  berada  di  lingkungan  candi  Prambanan.
4.      Meningkatkan  kegiatan-kegiatan  yang  dilaksanakan  di  kompleks  candi  Prambanan  khususnya  dalam  menjaga  benda-benda   bersejarah  yang  ada  di  candi  Prambanan.
5.      Kepada  pengunjung,  supaya  dapat  selalu  menjaga  kebersihan  wilayah  candi  Prambanan  dan  dapat  menjaga  keindahan  serta  keaslian  candi  Prambanan.
6.      Dan  kepada  pengurus  candi  Prambanan  agar  selalu  menjaga  ketertiban  supaya  kompleks  percandian  Prambanan  tidak  di  rusak  oleh  tangan-tangan  jail.

C.    PENUTUP
              Alhamdulillah,  puji  syukur  kehadirat  Allah  SWT, yang  telah  memberikan  rahmat  dan  hidayah-Nya.  Sehingga  penulis  dapat  menyelesaikan  paper   ini  guna  untuk  melengkapi  persyaratan  untuk  mengikuti  UAMBN/UN  pada  Madrasah  Aliyah  Negeri  2  Metro  Tahun  Pelajaran  2012/2013.
              Dengan  demikian,  hasil  paper  yang  telah  penulis  susun  dengan  penuh  ketekunan  serta  keuletan,  namun  penulis  menyadari  bahwa  paper  ini  masih  banyak  kekurangan  dan  kejanggalannya.
              Harapan  penulis  mudah-mudahan  paper  ini  dapat  bermanfaat  bagi  penulis  khususnya  dan  pembaca  pada  umumnya.  Penulis  juga  mengucapkan  terima  kasih  kepada  semua  pihak  yang  telah  membantu  dalam  penyelesaian  karya  tulis  ini.  Semoga  amal  baik  kita  diridhoi  oleh  Allah  SWT.  Amin




DAFTAR  PUSTAKA
           Unit Taman Wisata Candi Prambanan. Candi Prambanan. Klaten : PT. Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Baka.
           Drs. Safroedin  Bahar. 1991. Perjuangan  Menuju  Persatuan  dan  kesatuan Bangsa.  Semarang : PT Mandira jaya Abadi.               
           Suyatmo .  2009. Candi  Prambanan. Surabaya :  Yudhistira.













DAFTAR  RIWAYAT  HIDUP

Nama                                       :  Afni  Septiya  Fitri
Tempat,  tanggal  lahir            :  Sukasari,  24  September  1995
Alamat                                    :  Sukasari  Kec.  Mesuji  Raya  Kab.  Ogan  Komering
   Ilir  (OKI)     Prov.  Sumatera  Selatan
Jenis  kelamin                          :  Perempuan
Agama                                     :  Islam
Anak  ke                                  :  1  dari  2  bersaudara
Nama  orang  tua                    
                  Ayah                     :  Suhadi
                  Ibu                         :  Nurul  Khotimah
Pekerjaan  orang  tua
                  Ayah                     :  Wiraswasta
                  Ibu                         :  Wiraswasta
Riwayat  pendidikan               :  SD  Negeri  2  Sukasari  (2001-2007)
                                                   MTs  Al-Ittifaqiah  Indralaya (2007-2010)
                                                   MA  Negeri  2  Metro  (masih  di  tempuh)
Hobi                                        :  Membaca  dan  Menulis
Cita-cita                                  :  Apoteker

0 komentar:

Posting Komentar